Mengenal Scannner

Senin, 03 Oktober 2011 0 komentar
Scanner adalah input device (perangkat keras masukan) yang berfungsi memindai (scanning) dan menyalin image (gambar) atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. dari memori komputer selanjutnya disimpan dalam hard disk ataupun floppy disk.


Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto copy, perbedaannya adalah apabila dalam mesin foto copy hasilnya dapat dilihat pada kertas, sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Hasil dari menyalin melaui scanner ini dapat diolah melalui aplikasi yang sesuai untuk keperluan. Jika yang dihasilkan adalah image (gambar), maka hasil scanning ini dapat diolah oleh aplikasi grafis seperti Microsoft PhotoDraw, Microsoft PhotoEditor, Adobe PhotoShop, Corel PhotoPaint, Corel PhotoDraw, ArcShop Photo Studio, dan sebagainya.
Jika yang dihasilkan adalah teks, maka hasil scanning ini dapat diolah oleh aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, Adobe Page Maker, Corel Ventura, Dan sebagainya.
Scanner dihubungkan ke dalam komputer melalui salah satu port yang ada. Dulu melalui port PLTI tapi sekarang ini seluruh produk scanner telah menggunakan port USB
Selain scanner untuk gambar, terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan terdiri dari lampu sensor yang disebut optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau foto dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character
Saat ini telah dikembangakan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader) dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunakan pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa. 
Cara Mengistall Scanner Sebagai Berikut :


1. Pada posisi scanner sudah menyala, jika scanner sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan, anda pilih yes, this time only kemudian next.
2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd).
3. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.
4. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.
5. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard.
6. Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.

Cara Kerja Scanner :
  •  Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner.  Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.       
  • Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
  • Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
  • Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

Cara menggunakan image scanner sesuai dengan SOP
  • Nyalakan scanner & letakkan gambar di atas lensa.
  • Jalankan program Arcsoft Photostudio 2000 (atau program pengolah gambar lainnya).
  • Importlah gambar dengan mengklik icon scanner kemudian tekan tombol scan & proses pemindaian berlangsung.
  • Editlah hasil pemindaian bila perlu, kemudian tekan tombol clear agar bisa menyimpan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Kus Anak'e Pak DjAs | TNB